#72 Cryptocurrency

Okeh pada strip kali ini saya membahas juga soal cryptocurrency (bitcoin dkk). Aktivitas penambangan cryptocurrency ternyata sangat mempengaruhi penjualan kartu grafis (GPU) high-end.

Karena banyak dicari, stok barang menjadi langka sampai akhirnya harganya menjadi mahal hingga berkali-kali lipat. Walhasil, budget jadi membengkak ketika user hendak membangun PC gim.
Aktivitas minning memang membutuhkan GPU kelas atas, ketimbang prosesor high-end. Perangkat GPU dinilai lebih efisien dalam menambang, dilihat dari rasio penggunaan listrik dengan hasil yang didapat. Hal ini didasarkan pengalaman yang telah dilakukan oleh para miner.

Solusi instant bagi para gamer untuk saat ini adalah, membeli PC game built-up. Dulu memang PC jenis ini lebih mahal ketimbang merakit PC gim sendiri. Kini, PC game built-up adalah solusi instant bagi para gamer karena harganya malah jadi lebih murah.

Peluncuran prosesor AMD Ryzen yang terintegrasi dengan GPU (APU) juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi para gamer. Diperkirakan perangkat (AMD APU) ini akan mulai marak di pasaran Indonesia beberapa bulan mendatang.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

ALSO ON SOCMED

Arsip Blog

Popular Posts