#7 Database

Microsoft Excel dan Access merupakan kombinasi aplikasi perkantoran dari Microsoft yang lazim digunakan untuk membuat aplikasi berbasis database secara offline. Tidak ada yang salah dengan kedua program tersebut. Hanya saja penyebaran aplikasi sejenis open source yang bersifat gratis membuat program Microsoft di atas menjadi konyol.

Trend pengembangan aplikasi sekarang adalah online dengan tujuan kemudahan aksesibilitas. Hal tersebut akan mudah didapat jika menggunakan database open source seperti SQL, karena ada banyak tutorial yang tersedia di internet berkat dukungan komunitas yang luas. Belum lagi sifatnya yang multiplatform, sehingga dapat digunakan di banyak OS PC.

Tentu saja karena sifatnya yang gratis, database open source akan menjadi sasaran utama para perusahaan dengan skala SOHO (kecil hingga menengah). Buat apa membayar aplikasi mahal-mahal, bila perangkat lain sejenis dapat mendukung hal tersebut.

Di SMA dan SMK, pembelajaran Access sudah menjadi materi standar pada mata pelajaran TIK (kurikulum lama). Belum lagi lembaga kursus yang banyak menyediakan pelatihan aplikasi perkantoran yang juga terintegrasi. Hal ini terkadang menjadi becandaan dengan mengatakan bahwa produk Microsoft tersebut masuk kategori program kelas corporate (karena harus beli tadi).
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive