#74 Streaming Musik



Streaming musik merupakan salah satu teknologi cloud di mana kita sangat tergantung dengan teknologi infrastruktur internet. Netizen dengan mental BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialitas) tentunya akan menghindari mendengarkan lagu dengan cara seperti ini. Bayangkan, tidak ada satupun file musik di ponsel mereka, semua berkas lagu berada di server situs penyedia layanan streaming (Joox atau Spotify).

Cara ini dalam beberapa hal terbilang konyol. Anggapan yang muncul pertama kali adalah apakah kita harus memanfaatkan koneksi internet untuk sekedar mendengarkan lagu. Sementara itu, file mp3 sendiri cukup kecil dan smartphone sekarang (storage hingga puluhan gigabita) dapat menyimpan ribuan koleksi lagu. Begitu bukan?

Walau begitu, tetap saja banyak orang menggunakan layanan streaming untuk mendengar lagu. Layanan streaming juga ternyata dapat mengatasi maraknya pembajakan musik internet. Walau tidak secara 100% menekan pembajakan, layanan ini paling tidak dapat memberikan royalti yang lumayan kepada para musisi.

Saat ini sudah jarang rumah produksi yang menerbitkan musik dalam bentuk cakram digital. Selain karena media pemutarnya yang sudah jarang, penetrasi internet membuat teknologi cakram digital menjadi usang. Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Apakah Anda lebih suka streaming atau via unduh MP3?
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive