#17 3D Printer

Printer tiga dimensi (3D) merupakan teknologi fenomenal yang saat ini terus-menerus menunjukkan eksistensi dirinya di jagat IT. Bayangkan, sebuah alat yang dapat mencetak objek dalam bentuk 3D.

Teknologi ini sebenarnya sudah dipergunakan sejak dulu oleh perusahaan corporate untuk membuat prototipe dalam bentuk mini. Seiring berkembangnya waktu, berbagai penyempurnaan terus dilakukan.

Saat ini, tingkat akurasi dalam berbagai mesin printer 3D sudah mencapai ukuran milimeter. Material yang digunakan sudah bermacam-macam, mulai dari plastik hingga bahan metal.

Yang menghebohkan, beberapa orang sudah ada yang mengkreasikan printer 3D untuk pembuatan pistol. Walau berbahan plastik (dengan tambahan beberapa material berbahan metal), pistol tersebut sudah dapat digunakan untuk menembak dengan peluru kaliber (dengan beberapa kekurangan).

Bayangkan jika tiap orang mendownload model 3D pistol tersebut dari internet. Jika disalahgunakan, tiap orang dapat memiliki pistol sendiri. Ibarat pisau, siapa yang memegang benda tersebut akan menentukan makna selanjutnya dari pisau. Akankah ia bermanfaat menjadi alat masak di dapur, atau menjadi hal lain yang digunakan dalam tindak kejahatan... Waspadalah !!
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive