#18 Tepat Guna

Terkadang jargon-jargon teknologi sering membuat orang kepincut untuk membeli barang elektronik. Misalnya klaim teknologi pelindung layar "Corning G*rilla Gl*ss" dari suatu pabrikan (internasional) yang dikatakan dapat meminimalisir layar dari resiko retakan, hasilnya ternyata sama saja mudah pecah.

Tentu saja berbicara tentang kekuatan teknologi G*rilla Gl*ss, siapa yang tidak menyangsikan? Anda dapat melihat benchmark terhadap layar tersebut di Youtube, seperti dipukul dengan martil karet (pressure) dan digores dengan kunci (scratch). Hasilnya memang terbilang mengagumkan.

Namun, terkadang bahasa marketing yang dikeluarkan oleh produsen begitu lebay, seperti mendengar angin surga dari seminar-seminar MLM. Serius deh, kalimat "lebih tahan retak" ketika dalam fase promo dibandingkan dengan kalimat "tidak 100% menjamin retak" ketika fase klarifikasi jelas memiliki konotasi yang berbeda.

Kembali ke soal aspek tepat guna bagi kita para calon pembeli, seperti teknologi IPS pada layar mobile yang kini malah menjadi spesifikasi standard, padahal kegunannya terasa aneh. Siapa sih yang mau lihat miring-miring dari samping ketika menggunakan smartphone?

PS:
Maaf, jadi ajang curcol terselubung. Soalnya saya punya pengalaman pribadi yang ga enak sama produk internasional asal Taiwan (figure it self) dengan fitur Corning G*rilla Gl*ss yang ternyata sama aja mudah pecah.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive