#31 Full Stack Dev

Dalam dunia pengembangan website, terdapat istilah front end dan back end developer. Yang pertama merupakan dunia penuh visual dan penuh warna-warna di mana seorang front end harus meramu itu semua. Yang kedua adalah dunia gelap tanpa warna-warni, hanya warna hitam putih sebagai penanda baris-baris kode di mana back end menyiapkan infrastrukturnya.

Seorang front end biasanya berkecimpung dengan teknologi HTML, CSS, dan javascript serta memperhatikan trend desain. Ia juga mengikuti perkembangan teknologi desain, seperti mengadopsi berbagai CSS framework.

Adapun seorang back end mengolah pusat data dan infrastrukturnya. Ia menyiapkan logika database serta banyak berkecimpung dengan bahasa dari segi server, seperti PHP, Python, dan sebagainya.

Namun, kadangkala perusahaan dengan skala kecil mengharuskan seorang front end mengerjakan pekerjaan seorang back end. Istilah bagi orang yang mengerjakan kedua bidang tersebut adalah full stack developer. Seorang full stack paling tidak harus menguasai semuanya, walau tidak terlalu mendalam.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive