#59 SSD I Lied

Harddisk tipe SSD (solid state drive) mulai menjamur penggunaannya sekarang. Produsen yang mempelopori penggunaan harddisk ini adalah Apple dengan jajaran produk laptopnya (MacBook).

Kelebihan menggunakan perangkat penyimpanan SSD adalah konsumsi daya listrik yang sedikit dan data transfer (baca-tulis) yang super cepat. Sangat pas digunakan untuk perangkat bergerak (mobile) karena cepat dan tidak boros baterai.

Itulah sebabnya beberapa produsen kemudian merilis berbagai laptop dengan perangkat SSD. Disponsori oleh Intel, para produsen beramai-ramai mengeluarkan laptop dengan tipe Ultrabook. Bagi Anda yang belum tahu, Ultrabook merupakan laptop dengan prosesor Intel dan desain yang super tipis.

Untuk perawatannya, harddisk SSD dan harddisk konvensional sangat jauh berbeda. Salah dalam merawat akan mengurangi life cycle (masa hidup) dari harddisk SSD itu sendiri. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan harddisk tipe SSD (siapa tahu Anda belum tahu dan mau tahu):
  1. Jangan defrag harddisk
  2. Jangan wipe harddisk
  3. Jangan mengisi harddisk sampai terlalu penuh (maks 75% kapasitas saja)
Ingat, harddisk tipe SSD berbeda dengan harddisk konvensional yang masih menggunakan piringan dan head untuk membaca disk piringan tersebut. Hal ini menyebabkan cara merawat SSD menjadi berbeda.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive