#28 Keyboard Warrior

Istilah "keyboard warrior" merupakan ungkapan yang terkenal seiring berkembangnya internet dan era web 2.0 di tahun 2000-an. Saat itu, berbagai content website mulai berorientasi kepada pengguna dan bagaimana interaksi antar-pengguna mulai dibangun.

Keyboard warrior sendiri berasal dari Bahasa Inggris, yang merupakan gabungan dari dua suku kata; "keyboard" dan "warrior". Keyboard mewakili perangkat input dalam PC yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu, sementara warrior berarti petarung yang berjuang.

Di sini kita bisa melihat makna secara global bahwa keyboard warrior berarti orang yang memperjuangkan sesuatu (ide, hal, konsep, dsb) melalui tulisan-tulisannya di dunia maya. Definisi ini sendiri masih dalam koridor netral, karena apa salahnya dengan memperjuangkan sesuatu yang kita yakini?

Problemnya adalah, kelakuan para keyboard warrior itu sendiri yang terkadang dapat menjadi super beringas. Mungkin saja karena ia di belakang layar, sehingga ia dapat bebas menggunakan kata-kata kasar untuk menjatuhkan lawannya. Lawan bicara tidak melihat kondisi dirinya, lantas ia merasa bebas melontarkan kata-kata yang cenderung menyakitkan.

Adapun syarat untuk menjadi seorang keyboard warrior adalah, Anda harus daring (online). Yap, percuma Anda memaki-maki namun tidak ada lawan bicara yang bisa Anda maki xD . Karena itu di awal saya sempat menyinggung istilah web 2.0 tadi. Untuk web modern seperti sekarang, interaksi intens antar-penggunanya dapat dilihat di jejaring sosial (sosmed).

Kini, konotasi dari istilah keyboard warrior cenderung negatif. Kadang pembelaan-pembelaan yang dilakukan cenderung tidak ilmiah dan lebih didasari kepada faktor suka tidak-suka. Belum lagi argumen yang mentah dan lebih banyak menggunakan unsur gosip dan perspektif. Istilah ini juga terkait dengan fanboy sebagai penggemar fanatik yang tak segan menggunakan kekerasan verbal -_- .

Beberapa topik yang dapat menyuburkan para pelaku keyboard warrior di dunia IT antara lain:
  • Browser war
  • Apple vs Samsung
  • Linux vs Windows
  • ATi vs nVidia
  • dsb, mungkin Anda mau menambahkan?
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive