#24 Tepat Guna (2)

Strip kali ini merupakan sequel dari strip sebelumnya, yang telah diterbitkan pada Desember 2014 lalu. Masih seputar Gadget, tapi kali ini saya tidak membahas teknologi layar, melainkan fasilitas video out dari smartphone hi-end.
Produsen gadget terus berlomba-lomba membuat inovasi dengan terus mengikuti kecenderungan trend yang memudahkan kehidupan manusia. Trend sekarang ini adalah perangkat mobile, dan produsen mulai memikirkan segala cara agar platform mobile dapat menggeser kebutuhan akan perangkat desktop dalam berbagai hal, seperti pekerjaan atau pendidikan.

Problemnya, sejauh mana ketepatgunaan dari gadget yang dibuat tersebut. Dari strip di atas, kita tahu bahwa smartphone modern kelas atas sekarang ini sudah mendukung konektivitas video out via WiFi ke proyektor. Sayangnya, proyektor juga harus mendukung koneksi via WiFi tersebut.

Belum lagi fitur canggih tersebut cuma jadi sekedar bahasa marketing. Praktiknya dalam penjualan, alat penunjang konektivitas (misal kabel) tidak disertakan. Terkadang tidak ada satupun produsen dalam negeri yang memiliki barang tersebut. Walhasil, Anda harus berbelanja di situs luar negeri untuk mencari pihak ketiga yang menyediakan perangkat yang Anda butuhkan untuk menunjang konektivitas.

Saat ini, berbelanja online dari situs luar negeri masih memiliki banyak hambatan. Mulai dari alat pembayaran yang ribet hingga regulasi barang ketika masuk ke dalam Indonesia (cukai). Bisa dikatakan, berbelanja dari situs luar negeri menjadi tidak nyaman.

Kembali ke soal tepat guna tadi, pastikan barang yang Anda beli memang sesuai dengan kondisi Anda. Jangan termakan oleh bahasa marketing tanpa ada pengecekan lebih lanjut. Uang yang habiskan untuk smartphone kelas atas jelas tidak sedikit.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

SEARCH

SUBSCRIBE

Input your e-mail.


ALSO ON SOCMED

Blog Archive